adalah perkumpulan yang mempertemukan alumni Pondok Pesantren Cipasung dari segala kalangan pendidikan, profesi, strata sosial, dan ekonomi serta tidak dibatasi oleh angkatan alumnus.

Senin, 27 Februari 2012

MAN Cipasung adalah salah satu MA Model di Jawa barat

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Cipasung terletak di Kabupaten Tasikmalaya tepatnya berada di dalam komplek Pesantren Cipasung, Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Tasikmalaya. Dengan posisinya yang berada dalam lingkungan pesantren besar tersebut, tentunya sangat menguntungkan sekali terutama karakteristik lingkungan yang baik yaitu lingkungan santri dari pesantren Cipasung itu sendiri.

MAN Cipasung, adalah salah satunya Madrasah Aliyah Model dari 4 Madrasah Aliyah Se-Jawa Barat yang telah mendapat kepercayaan menjadi MAN MODEL sesuai Surat Keputusan Direktur Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No: E.IV/PP.00.6/KEP/17.A/98 Tentang Madrasah Aliyah Model. Dengan mendapat kepercayaan tersebut, tentunya MAN Cipasung memiliki berbagai keunggulan, baik dalam hal Fasilitas, Tenaga Pendidik, Prestasi maupun sesuatu hal yang berhubungan dengan program dan kurikulum di sekolah.

Dalam hal fasilitas, MAN Cipasung memiliki, Hot Spot Area, Lab.Fisika, Lab.Kimia, Lab.Biologi, Lab.Bahasa,Lab.Komputer, Perpustakaan, Aula, Ruang Multimedia, dan Sarana Olahraga. Sedangkan tenaga pendidiknya dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pemberdayaan madrasah, sekolah ini memiliki tenaga pendidik SI, S2. Bahkan ada diantaranya guru MAN Cipasung yang telah mengikuti “Master Overseas Training Program di LA Trobe Universitas Mealborne Australia”, serta guru pendidik lainnya juga telah mengikuti Quantum Learning dan Quantum Teaching di Bandung, dalam upaya pengembangan kemampuan para pendidiknya.

Madrasah yang memiliki visi “Kader Umat yang berwawasan KeUnggulan,ke Tagwaan, dank e Masyarakatan (UTAMA)”, saat ini dipimpin oleh Drs. H.Badruzzaman, M.Pd selaku kepala sekolahnya. Saat di temui di sekolah yang didampingi beberapa wakaseknya mengatakan, sebagai Madrsah yang telah mendapat kepercayaan MAN Model, tentunya kami harus dapat memegang kepercayaan tersebut dengan selalu memberikan peningkatan kegiatan belajar dan mengajar sesuai standar yang telah diterafkan oleh pemerintah, dan Alhamdullilah hal itu kami buktikan dengan setiap tahunnya banyak siswa kami yang diterimah di perguruan tinggi negeri unggulan seperti di ITB, ITS, IPB, UIN, UPI, UNSOED, UNDIP, dan banyak lagi di perguruan tinggi lainnya, ungkapnya.

Drs. Maman Lukman, bagian pengembangan MAN Cipasung Tasikmalaya menambahkan, Sebagai Madrasah yang pernah meraih Juara Pertama Lomba Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2005, tentunya kami harus selalu memberikan berbagai peningkatan pembelajaran setiap tahunnya. Saat ini kami juga telah memiliki beberapa program yaitu Program Keagamaan, Program Kekridaan, dan Program Karya Ilmia, Bakat dan Prestasi. Pada Program Keagamaan seperti program praktek keagamaan, (PPL), Ekskul Rohis san Seni Islami, Ekskul Tahfidzul Qur,an dan Kaligrafi dan program kelas khusus bahasa. Pada program kelas kusus bahasa yaitu kumpulan siswa siswi MAN Cipasung yang berada dalam satu kelas yang dinamakan kelas kusus Bahasa Arab dan Inggris. System pembelajarannya, berdasarkan tingkatan pembelajaran yang dimulai dari dasar dasar pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris,yang dilaksanakan setiap hari Senen sampai Kamis setelah jam KBM selesai. Sedangkan program praktek keagamaan, kususnya para siswa kelas 12 (kelas 3) kami melaksanakan praktek kegiatan keagamaan dilapangan. Para siswa diwajibkan terjun kemasyarakat langsung seperti ke Masjid-masjid, Sekolah Taman kanak-kanak Alqur,an (PAUD) dll, selama satu bulan yang langsung dibimbing oleh guru pendamping. Hal ini akan sangat berguna bagi mereka setelah mereka keluar dari sekolah dan minimal mereka sudah terbiasa dalam masyarakat dalam hal keagamaan. Program Pengembangan Kekridaan seperti, Ekskul Pramuka, PMR, PKS, dan Paskibra. Sedangkan pada. Sedangkan pada Program Pengembangan Karya Ilmia, Bakat dan Prestasi adalah berbagai kegiatan Ekskul yang terdiri dari 13 mata Ekskul yang ada di MAN Cipasung.

Dalam hal Prestasi, MAN Cipasung, selain mendapat Juara I Lomba Madrasah Tingkat Nasional, juga pernah meraih Juara 1 Kejurnas BKC Tingkat Wil.Priangan Timur, Juara II Kaligrafi Se-Priatim 2010, Juara Program Pertukaran Pelajar Bina Antar Budaya ke USA selama 1 tahun, Juara Umum PORSENI MA Tingkat Kab.Tasikmalaya 2010, dan Juara 1 Karate Pekan Olahraga Kab.Tasikmalaya 2011. (YD)

0 komentar: